Pages

Wednesday, August 8, 2012

Unified Extensible Firmware Interface


Unified Extensible Firmware Interface atau sering disebut UEFI adalah merupakan sebuah standard spesifikasi yang berupa software untuk menjembatani antara operating system dengan platform firmware. UEFI dibuat untuk meggantikan interface BIOS firmware, dan sampai saat ini semua IBM PC Personal Computer sudah mensuport teknologi ini dan hampir semua UEFI sudah mensuport untuk berinteraksi dengan BIOS. Dengan menggunakan ini memungkinkan untuk melakukan diagnosa dan memperbaiki sistem dengan cara remote dengan atau tanpa sistem operasi terpasang pada Computer.

Awal mula pengembangan EFI adalah Intel,  dan pada tahun 2005 UEFI sudah deprecated dan lahirlah EFI 1.10 kemudian standar spesifikasi UEFI saat ini di kembangkan oleh Unified EFI Forum.

EFI merupakan varian kedua dari UEFI untuk menggantikan legacy BIOS di PC Itanium, x86 dan x86_64. EFI sudah tersedia dan tertanam pada motherboard model terbaru beberapa diantaranya adalah ASUS "UEFI BIOS", MSI "CLICK BIOS", Gigabyte "HybridEFI" dan masih banyak lagi yang lain. Dengan menggunakan EFI dapat mensuport storage dengan kapasitas yang lebih besar dari 2.2TB yang merupakan batas batasan dari sebuah BIOS.

No comments:

Post a Comment