Saturday, August 4, 2012

Necessitas, QT + Android NDK

Necessitas adalah project komunitas yang di prakarsai oleh BogDan Vatra, project ini bertujuan untuk membuat sistem framework pengembangan aplikasi mobile yang telah mendunia.

Qt framework adalah salah satu framework development multi platfrom, kompit, matang dan sangat bagus dan itu semua sudah menjadi satu paket, Qt sendiri bisa menhasilkan aplikasi desktop untuk beberapa operating system seperli Windows, Linux dan Mac disamping itu juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi mobile untuk banyak platform seperti Symbian, MeeGo, Maemo, Android, IOS, BlackBerry, WebOS...etc termasuk juga mensuport untuk pengembangan di bidang embedded system. Qt adalah C++ framework, point plus jika kita bukan penggemar Java.

Android...sepertinya tidak perlu membahas panjang lebar tentang platform yang satu ini karena hampir semua orang akan tau apa itu Android :D

Necessitas berawal dari keinginan untuk mengeksploitasi kekuatan multi platform dari Qt framework di dalam dunia Android. Necessitas terlahir dari konsep kemudahan dari framework Qt untuk pengembangan multi platfrom dan Necessitas saat ini sudah sangat matang untuk digunakan sebagai framework pengembangan Android.

Siapapun boleh bertindak sebagai kontributor dalam project Necessitas, sampai saat tulisan ini dibuat pengembangan sudah sampai versi 3 update 4 alpha. Sudah ada developer yang menggunakan Necessitas untuk mengembangkan aplikasinya dan tersedia di Google Play bahkan aplikasinya ada yang sangat kompleks. Perlu diketahui juga bahwa Necessitas sudah mensuport QML dan QWidget UI tetapi tidak semua feature berjalan tetapi setiap kali ada rilis update pasti selalu ada patch untuk perbaikan feature yang masih kurang.

Berapa feature yang sudah berjalan diantaranya main Qt framework, QML, QWidget (terbatas untuk UI mobile), Qt Webkit...dan Qt Mobility juga berjalan namun belum sempurna. Qt location and Qt sensor hampir berjalan dengan sempurna, Qt multimedia dan Qt sound sedang dalam tahap penyempurnaan.

Untuk developer yang sudah pernah membuat aplikasi untuk symbian atau untuk platform lain yang menggunakan Qt framework ada baiknya klo mencoba Necessitas untuk memporting aplikasinya ke Android app tinggal recompile dan jadi (meskipun tidak semudah yang saya tuliska tapi..lebih mudah untuk memporting :D). Necessitas Cocok untuk developer yang bukan maniak Java dan ingin membuat aplikasi menggunakan Qt framework (C++)...hmmm..:D

Necessitas menggunakan Android NDK, pada dasarnya aplikasi Qt akan di compile menjadi dynamic library dan aplikasi Java wrapper akan dubuat secara otomatis untuk menjembatani dengan lingkungan Android, tidak perlu khawatir bakalan ribet soalnya semua sudah ditangani oleh Necessitas tinggal buat code terus pencet tombol deploy selibihnya akan dikerjakan oleh Necessitas SDK.

Apalagi yang ditunggu cepetan di coba!

No comments:

Post a Comment