Friday, August 3, 2012

IRRLICHT






IRRLICHT adalah platform 3D engine yang kenceng dan open source.dibawah lisensi libpng/zlib.Dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ tetapi juga dapat menggunakan beberapa bahasa pemrograman lain yang dikembangkan oleh komunitas. Pengembangan IRRLICHT didasarkan pada dua jenis bagian rendering API yaitu DirectX ,OpenGL dan dua bagian software render. IRRLICHT didesain dengan filosofi ringan, sederhana namun tetap merupakan sebuah grafik engine yang powerfull, serta memberikan kemudahan untuk dipelajari dibandingkan dengan engine yang ada saat ini akan tetapi tidak mengorbankan kualitas dari grafik engine ini.

IRRLICHT adalah grafik engine dan bukan game engine (jadi jangan menyalah artikan sebagai game engine), dedesain dengan beberapa fasilitas yaitu simple collision detection dan user input berupa keyboard/mouse/joystick, tidak disebut sebagai game engine karena tidak dilengkapi dengan fasilitas AI ,path finding, sound (see irrKlang), networking dan fasilitas yang lain seperti yang terdapat di dalam paket game engine pada umumnya. Meskipun tidak mendukung fasilitas untuk kelengkapan segabai sebuah game engine tetapi IRRLICHT mempunyai fondasi yang kuat untuk dikembangkan sebagai sebuah game engine karena mempunya grafik render yang powerfull dan ini adalah bagian yang paling penting untuk membuat sebuah game yang berkualitas.

Berdasarkan pada lisensi yang dimiliki oleh IRRLICHT, kita bisa menggunakan source code dan memodifikasinya
You never have to release to the public any programs you make, any changes you make to the engine, or pay royalties. The engine is free to use for commercial use without debilitating restriction. Of course the community would be happy to receive any donation of code you would be willing to make
untuk lebih jelas mengenai lisensi bisa dilihat di sini (see license), yang jelas free untuk penggunaan dan dapat digunakan untuk tujuan komersial.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang grafik engine ini bisa dilihat disini (please visit the features page) atau mau bersabar untuk menunggu tulisan di blog ini :D

1 comment: